UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERMAIN ANSAMBEL MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP N 3 KALASAN

Putra, I Ketut Satwika Sudina (2015) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA BERMAIN ANSAMBEL MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP N 3 KALASAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
I KETUT SSP_PSM 2011_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan bermain ansambel pada kegiatan estrakurikuler ansambel di SMP N 3 Kalasan dengan menggunakan metode drill. Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan bermain ansambel siswa masih belum seperti yang diharapkan, kurangnya durasi pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus yaitu : a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas proses, hasil, katalitik, dialogis dan demokratik. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler ansambel sebanyak 20 responden yang terdiri dari kelas siswa kelas VII dan VIII. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam bermain ansambel dengan penggunaan metode drill pada ekstrakurikuler di SMP N 3 Kalasan. Berdasarkan hasil tes pada pra siklus, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 53,625, hasil tersebut masuk dalam kriteria kurang. Pada siklus I, rata-rata kelas yang diperoleh adalah 62,375, nilai tersebut masuk dalam kriteria baik. Hasil nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan sebesar 16,32%. Pada akhir siklus II, rata-rata kelas yang diperoleh adalah 75,25, nilai tersebut masuk dalam kriteria baik. Nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,64%. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran ansambel menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa bermain ansambel pada ekstrakurikuler di SMP N 3 Kalasan dan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Ansambel, Metode drill
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 19 Oct 2015 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27152

Actions (login required)

View Item View Item