Eliska Prasetyawan, Prasetyawan (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.
|
Text
Eliska Prasetyawan - 05504244023.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA Oleh Eliska Prasetyawan 05504244023 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar persepsi anak terhadap pola asuh orang tua, seberapa besar motivasi belajar anak dan untuk mengetahui hubungan antara persepsi anak terhadap pola asuh orangtua dengan motivasi belajar anak di SMK Perindustrian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan studi korelasional dengan metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah survey. Penelitian dilakukan di SMK Perindustrian Yogyakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Perindustrian Yogyakarta 310 siswa dengan sampel sebesar 97 siswa. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif dan analisa kuantitatif dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 17 for Windows Yaitu menggunakan analisa rumus korelasi dengan interpretasi hasil dengan tingkat kesalahan α = 5 persen. . Uji validitas didapat bahwa 26 item pernyataan variabel persepsi anak terhadap pola asuh orang tua valid dan sebanyak 26 item pernyataan variabel motivasi belajar valid dikarenkaan rhitung > rtabel (rhitung > 0,222). Sedangkan dalam uji reliabilitas skor butir tiap variabel karena berkolerasi positif dengan komposit faktornya rhitung > rtabel (0,703;0,726 > 0,6) Hasil analisa deskriptif variabel penelitian menunjukkan hasil bahwa variabel persepsi anak terhadap pola asuh orang tua masuk dalam katagori sedang (78,91), sedangkan variabel motivasi belajar termasuk dalam katagori sedang (77,68). Hasil analisa yang diperoleh dari uji regresi linier tunggal dan korelasi diketahui bahwa variabel persepsi anak terhadap pola asuh orang tua berhubungan signifikan terhadap motivasi belajar (Fhitung > Ftabel; p < 0,05). Sedangkan hasil analisa korelasi didapatkan hasil positif sebesar 0,534 yang bermakna sedang. Kata Kunci: persepsi, motivasi belajar, pola asuh
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 19 Oct 2015 01:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 04:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27127 |
Actions (login required)
View Item |