IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONSEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2010-2011

Rini, Wahyu Setyo (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONSEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2010-2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONSEPT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sejarah di SMA sebagian besar masih menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa kurang aktif di kelas. Hal ini berpengaruh terhadap pre stasi belajar sejarah siswa. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan pre stasi belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sleman kelas XI IPS 2 dengan menggunakan model Concept Mapping, mengetahui peningkatan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sleman melalui implementasi model Concept Mapping, serta untuk mengetahui dukungan dan kendala dalam penerapan model Concept Mapping. Penelitian ini menggunakan CAR (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan test hasil belajar. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Pelaksanaan model pembelajaran Concept Mapping diawali dengan mengidentifikasi ide utama, kemudian dilanjutkan dengan pengelompokan ide-ide sekunder. Ide utama diletakkan ditengah dengan ide-ide sekunder mengelilingi ide utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Concept Mapping yang dikombinasikan dengan diskusi kelompok, permainan kuis, dan pemberian hand out materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas Xl IPS 2 SMA Negeri 1 Sleman. Pada siklus I prestasi siswa meningkat 0.96, siklus II meningkat 1.66, dan pada siklus III meningkat 3.30. Dukungan dalam penelitian ini yaitu respon positif dari guru dan siswa, jumlah siswa yang tidak terlalu banyak menciptakan suasana kondusif, dan siswa mampu mematuhi intruksi yang diberikan oleh guru. Kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran Concept Mapping yaitu pada awal penerapan model Concept Mapping terdapat beberapa siswa yang kesulitan menentukan ide-ide sekunder. Pembelajaran pada jam terakhir menuntut guru untuk menciptakan suasana menarik. Harus ada komunikasi yang jelas an tara guru dan siswa karena memerlukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Concept Mapping. Kata kunci: Concept Mapping (Peta Konsep), prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 19 Oct 2015 00:51
Last Modified: 30 Jan 2019 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27113

Actions (login required)

View Item View Item