PERSEPSI GURU PENDIDIKAN SENI MUSIK TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL

Memorita, Victoria (2012) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN SENI MUSIK TENTANG PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Victoria Memorita 08208241034.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui berbagai macam persepsi guru pendidikan seni musik tentang pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran seni musik di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Responden penelitian ini adalah para guru pendidikan seni musik di SMP negeri se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini dibatasi permasalahan mengenai persepsi guru pendidikan seni musik tentang kurikulum tingkat satuan pendidikan mata pelajaran seni musik di SMP Negeri se-Kabupaten Bantul. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis angket yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Peneliti menggunakan statitik deskriptif sebagai teknik analisi data. Penyajian data dalam penelitian ini melalui angka dalam prosentase dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 responden terdapat 29 responden yang setuju akan pelaksanaan KTSP dengan prosentase 90,63% dan 3 responden menjawab tidak setuju dengan prosentase 9,37%. Adapun persepsi tersebut antara lain: (1) Sebagian besar responden menyatakan bahwa dalam penyusunan materi pokok bahasan yang tercantum dalam KTSP sangat runtut, jelas dan dalam penyusunannya disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, karakteristik dan potensi daerah dari masing-masing satuan pendidikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. (2) Alokasi waktu disediakan sangat terbatas sehingga mengakibatkan peserta didik dalam menerima pelajaran tidak secara maksimal, maka dari itu berbagai usaha dilakukan para guru untuk mengatasi kendala tersebut, salah satunya memaksimalkan sebaik mungkin alokasi waktu yang telah disediakan dalam KTSP. (3) Secara garis besar responden menerima dengan adanya perubahan kurikulum, karena menurut mereka perubahan kurikulum sudah disesuaikan dengan perubahan zaman dan kebutuhan pendidikan. (4) Pemilihan metode yang tepat dan fasilitas sekolah yang memadai sangat mendukung dalam proses pembelajaran mengingat KTSP sudah diberlakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi guru, KTSP
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 03:07
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item