SURVEI PELAKSANAAN STANDAR KOMPETENSI PELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII SMP DALAM MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI MUSIK DAERAH SETEMPAT DI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Septian, Terra (2013) SURVEI PELAKSANAAN STANDAR KOMPETENSI PELAJARAN SENI MUSIK KELAS VII SMP DALAM MENGEKSPRESIKAN DIRI MELALUI KARYA SENI MUSIK DAERAH SETEMPAT DI WILAYAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Terra Septian 06208244033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan KTSP untuk pelajaran Seni Musik kelas VII di SMP Negeri se-Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2012 dengan ketentuan kurikulum yang sedang berlaku. Permasalahan yang diteliti terfokus pada salah satu bagian dari kurikulum KTSP, yaitu standar kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni musik daerah setempat. Standar kompetensi tersebut terdiri dari dua kompetensi dasar yaitu mengaransemen secara sederhana karya musik daerah setempat dan menampilkan hasil aransemen karya musik daerah setempat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang metodenya menggunakan metode survey. Data diperoleh dengan menggunakan angket tertutup yang dibagikan kepada para responden yaitu guru mata pelajaran seni musik SMP negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 59 orang, dan jumlah sampelnya sebesar 55 orang dihitung dengan menggunakan perhitungan rumus Isaac dan Michael. Pemilihan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Skor angket dianalisis dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson untuk mengetahui validitasnya, sedangkan untuk mengetahui reliabilitasnya menggunakan rumus koefisien alpha, kemudian hasilnya di bandingkan dengan tingkat keandalan koefisien korelasi. Data yang validitas dan reliabilitasnya telah dianalisis selanjutnya disajikan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasilnya diketahui dengan memprosentasekan skor responden yang lebih besar atau sama dengan mean teoritik serta skor responden yang lebih kecil dari mean teoritik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rensponden yang bernilai lebih besar atau sama dengan 70 (skor mean teoritik) hanya sebesar 36,36%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar guru seni musik SMP se-Kabupaten Gunungkidul belum melaksanakan standar kompetensi mengekspesikan diri melalui karya musik daerah setempat sesuai dengan KTSP. Faktor penyebab yang paling dominan antara lain yaitu kurangnya kelengkapan alat musik dan media pembelajaran musik serta kurang aktifnya kegiatan pendukung pelajaran seni musik, misalnya kegiatan ekstrakurikuler seni musik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: standar kompetensi, mengekspresikan diri, karya seni musik
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27030

Actions (login required)

View Item View Item