PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR TEORI MUSIK ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER VOKAL DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER VOKAL DI SMP NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA

Kusumawati, Nita (2012) PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR TEORI MUSIK ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER VOKAL DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER VOKAL DI SMP NEGERI 3 BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nita Kusumawati 04208241016.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal di SMPN 3 Bantul Yogyakarta, untuk tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Bantul yang berjumlah 480 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas VIII yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal, yang semuanya berjumlah 30 siswa, dan 30 siswa kelas VIII yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif, dengan cara menggunakan hasil dari instrumen penelitian yang berupa soal – soal yang telah diujikan kepada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal dan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal. Untuk mengukur validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, digunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas varians. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal mempunyai hasil yang lebih baik dibanding dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal. Kesimpulan tersebut diperoleh dari hasil analisis uji T atau T-test yang menghasilkan mean untuk kelompok yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal sebesar 24,73 dan mean kelompok yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler vokal sebesar 17,40.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perbandingan prestasi belajar, vokal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:37
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27024

Actions (login required)

View Item View Item