Marjudi (2012) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR, INTELLIGENCE QUOTIENT, KOMPETENSI GURU, DAN LINGKUNGAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Marjudi 08208247002.pdf Download (48MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan hubungan antara gaya belajar, intelegensi, kompetensi guru, dan lingkungan siswa terhadap prestasi belajar seni musik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Gaya belajar sebagai sikap dan perilaku dalam belajar intelegensi adalah rangkuman kecakapan untuk dapat bertindak secara terarah,berfikir secara baik dan bergaul dengan lingkungan secara efisien.kompetensi merupakan kecakapan yang memadai untuk untuk melakukan suatu tugas,sedangkan lingkungan sebagai sarana yang kondusif untuk mencapai prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Yogyakarta yang berjumlah 358 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Proses pengambilan sampel dari jumlah 150 siswa diambil dari kelas VIII sejumlah 10 kelas (358 siswa), tiap kelas diambil secara acak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini meliputi: gaya belajar, kompetensi guru, dan lingkungan siswa. Dokumen yang diambil dalam penelitian ini adalah: intelligence quotient dan prestasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linier berganda, uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment,uji reliabilitas cronbach alpha yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya secara bersama-sama atau sendiri sendiri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara gaya belajar, intelligence quotient, kompetensi guru, dan lingkungan siswa terhadap prestasi belajar seni musik di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan hasil yang positif dan signifikan dari variabel gaya belajar dengan t.hitung 2,969 lebih besar dari t.tabel 1,960 ,variabel intelligence quotient(IQ) dengan t.hitung 2,498 lebih besar dari t.tabel 1,960 ,variabel kompetensi guru dengan t.hitung 2,738 lebih besar dari t.tabel 1,960 ,variabel lingkungan siswa dengan t.hitung 2,677 lebih besar dari t.tabel 1,960 . Dengan demikian keempat variabel terdapat hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | gaya belajar, intelligence quotient, kompetensi guru, prestasi belajar |
| Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
| Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
| Date Deposited: | 16 Oct 2015 02:34 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 04:00 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27022 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
