RESPON SISWA SMA NEGERI 4 PANGKALPINANG TERHADAP MUSIK TRADISIONAL DAMBUS DAN MUSIK DAMBUS COMBO

Suhanto, Kocho (2012) RESPON SISWA SMA NEGERI 4 PANGKALPINANG TERHADAP MUSIK TRADISIONAL DAMBUS DAN MUSIK DAMBUS COMBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kocho Suhanto 06208244052.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai respon siswa terhadap musik tradisional dambus dan dambus combo. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan seberapa besar respon siswa SMA Negeri 4 Pangkalpinang di Provinsi Bangka-Belitung terhadap musik tradisional dambus dan musik dambus combo. Pentingnya masalah ini dikaji agar dapat mengetahui respon siswa-siswi SMA Negeri 4 Pangkalpinang terhadap musik tradisional daerahnya yaitu musik tradisional dambus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitan survey, sampel penelitian ini adalah sebanyak 42 siswa atau 10% dari populasi 420 siswa. Pengukuran respon siswa SMA Negeri 4 Pangkalpinang menggunakan instrument angket dan teknik analisis data penelitiannya adalah teknik statistik deskriptif. Penelitian ini sangat sederhana, tetapi peneliti juga berusaha dengan baik untuk mensurvei respon siswa yang sebenarnya, yaitu dengan mempertontonkan sebuah pementasan musik tradisional dambus dan musik dambus combo di depan para siswa tersebut. Pada temuan penelitian terdapat respon yang sedang terhadap musik tradisional dambus yaitu sebesar 48.62% dan respon yang tinggi terhadap musik dambus combo sebesar 51.38%, jadi dapat disimpulkan respon siswa SMA Negeri 4 Pangkalpinang lebih besar terhadap musik dambus combo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: respon, dambus
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:27
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27020

Actions (login required)

View Item View Item