EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMELAN TERHADAP KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA SD KANISIUS SENGKAN KENTUNGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Sigiarto, Jarot (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GAMELAN TERHADAP KEMAMPUAN MUSIKALITAS SISWA SD KANISIUS SENGKAN KENTUNGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jarot Sugiarto 04208244026.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pembelajaran gamelan terhadap kemampuan musikalitas siswa SD Kanisius Sengkan Kentungan Sleman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen di mana peneliti membagi populasi menjadi 2 kelompok terdiri dari 10 orang tiap kelompok. Metode pengambilan sampel menggunakan Multiple stage sample yaitu dengan pengambilan sampel dari populasi tetapi tidak semua anggota populasi menjadi sampel. Uji T digunakan dalam proses analisis data untuk mengungkap perubahan yang terjadi selama adanya perlakuan pada kelompok eksperimen dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil uji-t kemampuan musikalitas siswa pada pembelajaran gamelan: thit = 2,550, df = 18 dan ttab = 2.228 dengan demikian thit > ttab. Ho: Pembelajaran gamelan tidak efektif terhadap kemampuan musikalitas siswa SD Kanisius Sengkan Kentung Sleman Yogyakarta. Ha: Pembelajaran gamelan efektif terhadap kemampuan musikalitas siswa SD Kanisius Sengkan Kentung Sleman Yogyakarta. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan: Ho ditolak dan Ha diterima, bahwa pembelajaran gamelan efektif terhadap kemampuan musikalitas siswa SD Kanisius Sengkan Kentung Sleman Yogyakarta, (2) terdapat kenaikan mean pada masing-masing test. Pada pretest mengalami kenaikan mean yang lebih tinggi yaitu sebesar 4,40 sedang posttest hanya mengalami kenaikan mean sebesar 2,00, (3) hasil uji t pada pretest yaitu thit = -,218 lebih besar dari ttab = 2.228 dan probability = 0,830 lebih dari 0,05 sehingga pretest dapat dinyatakan tidak signifikan dan mengakibatkan kenaikan mean sebesar 4,40 menjadi tidak bermakna atau gugur Dari ketiga hasil diatas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gamelan sebanyak 5 pertemuan dengan alokasi waktu 60 menit per pertemuan dapat menambah kemampuan musikalitas berdasarkan kenaikan mean sebesar 2,00 antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran gamelan, kemampuan musikalitas
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:22
Last Modified: 30 Jan 2019 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item View Item