ORGANOLOGI DAN TEKNIK PERMAINAN MUSIK PAKACAPING ETNIS MAKASSAR KABUPATEN GOWA PROPINSI SULAWESI SELATAN

Herman (2012) ORGANOLOGI DAN TEKNIK PERMAINAN MUSIK PAKACAPING ETNIS MAKASSAR KABUPATEN GOWA PROPINSI SULAWESI SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Herman 05208244053.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan organologi dan teknik permainan musik pakacaping etnis Makassar Kabupaten Gowa Propinsi Sulawesi Selatan. Terdapat 2 fokus dalam penelitian yang pertama yaitu organologi yang meliputi bahan dasar instrumen, bentuk dan ukuran, bagian-bagian instrumen, dan produksi nada pada instrumen Kacaping. kedua teknik permainan instrumen kacaping yang meliputi posisi tubuh, posisi tangan kanan dan kiri, cara memegang alat bantu petik, cara memetik instrumen Kacaping, teknik penjarian, teknik slur. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan studi pustaka, dokumentasi(kamera,alat perekam,literatur), observasi, dan wawancara. Adapun alat bantu yang digunakan dalam penelitian adalah kamera digital untuk merekam suara dan gambar. Alat tulis untuk mencatat proses pengumpulan data. Keabsahan data diperoleh melalui prosedur triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Organologi meliputi, (a) bahan dasar instrumen dengan menggunakan Poko’ Bilah dan Gallang, (b) bentuk instrumen kacaping menyerupai perahu, dan tidak memiliki standarisasi mengenai ukuran instrumen, (c) bagian-bagian instrumen Kacaping yaitu Toli (tuning pegs), Pasanggana (nut), Gigi (grip), Kalenna (badan), Leko’ (daun : bagian paling ujung atas instrumen Kacaping), Pocci’na (lubang resonansi), Gallang (senar), kedong (ekor), (d) instrumen Kacaping memiliki tujuh nada . 2)Teknik permainan Kacaping meliputi, (a) instrumen kacaping dimainkan dengan duduk bersila atau duduk di atas kursi, (b) posisi tangan kanan saat memegang instrumen bagian atas yaitu telapak tangan menghadap ke atas lalu instrumen diletakkan di atas telapak tangan tepat pada selah-selah jari antara ibu jari dan telunjuk sedangkan tangan kiri yaitu bagian belakang instrumen dijepit oleh siku bagian dalam, (c) memegang Capiu’ atau alat bantu petik dengan cara dijepit dengan tangan kanan, (d) cara memetik instrumen Kacaping ada dua yaitu Ko’bi Nai’ (petikan naik) dan Ko’bi’ Naung (petikan turun), (e) teknik penjarian saat memainkan instrumen yaitu dengan menekan diselah-selah grip (f) menggunakan teknik Slur, (g) lirik atau syair memiliki makna sebagai nasehat, atau kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: organologi, musik pakacaping
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27016

Actions (login required)

View Item View Item