UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 3 AMBARAWA

Purnama, Galih (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 3 AMBARAWA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Galih Purnama 08208241022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran kooperatif investigasi kelompok (group investigation) pada mata pelajaran Seni Budaya (Seni Musik) siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Ambarawa. Melalui metode investigasi kelompok peran serta dan keaktifan siswa lebih diutamakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Ambarawa yang terdiri atas 34 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Ambarawa. Rata-rata nilai pada saat sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 67, rata-rata nilai pada akhir siklus I sebesar 73, dan rata-rata nilai pada akhir siklus II sebesar 82. Oleh karena itu, prestasi belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan dan setelah pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 15 atau 22,4 %. Dengan nilai rata-rata sebesar 82 termasuk dalam kategori Baik, sehingga prosedur proses pembelajaran dalam penelitian ini sangat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa. Keberhasilan pembelajaran juga dapat dilihat dari keaktifan dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran dan siswa aktif bertanya atau mengungkapkan pendapatnya. Selain itu, pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan prestasi belajar, kooperatif investigasi kelompok
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27015

Actions (login required)

View Item View Item