TINJAUAN SOSIO-MUSIKOLOGIS MUSIK KEJAI DALAM UPACARA PERKAWINAN ADAT DIDESA GUNUNG SELAN KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU

Surya, Fajrinaldi (2012) TINJAUAN SOSIO-MUSIKOLOGIS MUSIK KEJAI DALAM UPACARA PERKAWINAN ADAT DIDESA GUNUNG SELAN KECAMATAN ARGAMAKMUR KABUPATEN BENGKULU UTARA PROVINSI BENGKULU. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajrinaldi Surya 06208241008.pdf

Download (101MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan penelitian yaitu tujuan sosiologis dan musikologis. Tujuan sosiologis adalah untuk mengetahui bagaimana fungsi sosial musik Kejai dalam masyarakat desa Gunung Selan. Sedangkan tujuan musikologisnya adalah untuk mengetahui bentuk lagu, komposisi, instrumen, dan bentuk permainan musik kejai. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Data ini diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap unsur-unsur yang terdapat dalam upacara perkawinan adat. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara sosiologis musik kejai mempunyai fungsi : (a) sebagai sarana upacara. (b) sebagai sarana hiburan dimana musik kejai disajikan dalam dalam bentuk gerak dan iringan-irangan .(c) sebagai sarana komunikasi. (d) sebagai integritas masyarakat. Seni Kejai dalam upacara perkawinan adat merupakan alat pemersatu yang dapat menciptakan rasa persatuan dan suasana kegotong royongan bagi masyarakat setempat. Secara musikologis musik kejai mempunyai fungsi (a). sebagai pemuas estetis dapat dilihat dari suasana hati dan mimik wajah dari para penikmat musik ataupun dari penyaji kesenian kejai. (b) sebagai pencipta suasana dapat terlihat ketika penyajian musik kejai dibawakan dengan penghayatan dan terciptanya suasana yang khidmat. (c) Sebagai persembahan simbolis artinya musik berfungsi sebagai simbol dari keadaan kebudayaan suatu masyarakat. (d) Sebagai respon fisik, artinya musik berfungsi sebagai pengiring aktifitas ritmik. Aktifitas ritmik yang dimaksud adalah tari-tarian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sosio-musikologis, musik kejai
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Oct 2015 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

View Item View Item