FUNGSI, TEKNIK PERMAINAN INSTRUMEN DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK TRADISIONAL GONDANG HASAPI KELUARGA SENI BATAK JAPARIS BAGI MASYARAKAT BATAK TOBA DI YOGYAKARTA

alimunthe, Awal Ahmad Syahputra D (2012) FUNGSI, TEKNIK PERMAINAN INSTRUMEN DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK TRADISIONAL GONDANG HASAPI KELUARGA SENI BATAK JAPARIS BAGI MASYARAKAT BATAK TOBA DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Awal Ahmad Syahputra Dalimunthe 06208241025.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) bentuk penyajian musik tradisional gondang hasapi, (2) teknik memainkan alat musik tradisional gondang hasapi, dan (3) fungsi dari musik tradisional gondang hasapi bagi masyarakat Batak Toba di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan etnografis. Pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan berupa kamera digital untuk merekam suara sekaligus untuk merekam gambar. Untuk pemeriksaan kebenaran dan keabsahan data dilakukan prosedur triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk penyajian gondang hasapi merupakan bentuk penyajian musik ansambel, yang terdiri dari hasapi, garantung, sarune etek, sulim, taganing, ogung, hesek. (2) Teknik permainan instrumen pada ansambel gondang hasapi yang mencakup instrumen (a) hasapi yang teknik memainkannya dengan menggunakan teknik mamiltik atau tukkel. (b) garantung teknik memainkannya dengan menggunakan teknik mangarapat, manganak-anaki, didang-didang, dan polyphonic, (c) sarune etek yang cara memainkannya dengan cara ditiup dengan menggunakan teknik marsiulak hosa, mandila-dila, manghapit, piltik dila, piltik jari, menutup dan membuka lubang angar-angar, (d) Sulim yang cara memainkannya dengan cara ditiup dengan menggunakan teknik manggarutu, mangarapol, mandila-dila, mambunga-bungai, manggotapi, dan mangandung-andung, (e) taganing teknik memainkannya dengan cara memukul dengan pola permainan mangodap-odapi, manganak-anaki, dan mangarapat, (f) untuk ogung oloan dan ogung ihutan teknik memainkannya dipukul dengan teknik lepas, ogung panggora dipukul dengan satu tangan, sementara tangan lainnya memegang alat musik yang bertujuan untuk menghentikan gema dari gong, (g) hesek teknik memainkannya dengan cara memukul. (3) fungsi sosial yang terkandung dalam musik gondang hasapi bagi masyarakat Batak Toba di Yogyakarta yaitu: (a) musik sebagai pengikat solidaritas sosial, (b) musik sebagai respon fisik, (c) musik sebagai kesinambungan budaya, (d) musik sebagai pengintegrasian masyarakat, (e) musik sebagai pengungkapan emosional, (f) musik sebagai pendidikan, (g) musik sebagai hiburan, (h) musik sebagai pelengkap ritus religi, (i) musik sebagai identitas masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fungsi musik, teknik permainan, bentuk penyajian gondang hasapi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:02
Last Modified: 15 Oct 2015 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26958

Actions (login required)

View Item View Item