PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MENGGUNAKAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I SLEMAN

Saputra, Akbar Hendra (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MENGGUNAKAN METODE GUIDED DISCOVERY PADA SISWA TUNARUNGU KELAS IV DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA I SLEMAN. S1 thesis, FIP.

[img] Text
AKBAR HENDRA SAPUTRA_10103244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas IV di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman menggunakan metode guided discovery. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa tunarungu kelas IV berjumlah 3 orang. Objek yang diteliti adalah penguasaan kosakata benda dan kerja. Penelitian terdiri dari dua siklus, dengan siklus satu sebanyak lima pertemuan dan siklus dua sebanyak tiga pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes penguasaan kosakata, observasi proses pembelajaran dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode guided discovery dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas IV di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Peningkatan penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas IV di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman dibuktikan pada siklus satu, yaitu NN nilai kemampuan awal 52, 5% menjadi 77, 5%, DB nilai kemampuan awal 45% menjadi 71, 25%, FF nilai kemampuan awal 28, 75% menjadi 57, 5%. Peningkatan tersebut diperoleh dengan memfokuskan pembelajaran pada materi kosakata benda dan kerja menggunakan metode guided discovery yaitu guru membimbing siswa untuk memecahkan suatu masalah atau menemukan jawaban sendiri. Berdasarkan hasil refleksi siklus satu, semua siswa mengalami peningkatan dalam penguasaan kosakata, meskipun masih ada beberapa kata yang belum dikuasai siswa. Peningkatan pada siklus dua yaitu siswa NN siklus satu 77, 5% menjadi 88, 75%, DB siklus satu 71, 25% menjadi 81, 25%, FF siklus 57, 25% menjadi 77, 5%. Peningkatan penguasaan kosakata siswa diperoleh dengan menerapkan kegiatan belajar berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) seperti siklus satu dengan melakukkan modifikasi pembelajaran di luar kelas untuk melakukan pengamatan langsung terhadap benda dan aktivitas di sekitar sekolah. Peningkatan penguasaan kosakata siswa dapat diihat pada kemampuan siswa menuliskan kata, menjodohkan gambar dengan kata, menuliskan kegunaan, menyusun kalimat, mengelompokkan kata sesuai dengan jenis kosakatanya, melengkapi kalimat dan dapat dibandingkan pada siklus satu. Hasil siklus dua penguasaan kosakata siswa mengalami peningkatan dan memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26936

Actions (login required)

View Item View Item