PENERAPAN TEKNIK PENYISIHAN SESAAT (TIME-OUT) UNTUK MENGURANGI DURASI PERILAKU TANTRUM PADA AUTISME KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Shanti, Anggraeni Ika (2015) PENERAPAN TEKNIK PENYISIHAN SESAAT (TIME-OUT) UNTUK MENGURANGI DURASI PERILAKU TANTRUM PADA AUTISME KELAS III DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, FIP.

[img] Text
ANGGRAENI IKA SHANTI_11103244052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penyisihan sesaat (time-out) untuk mengurangi durasi perilaku tantrum di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A-B-A.Subyek penelitian yaitu seorang autisme kelas III. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan panduanobservasi yang digunakan selama fase baseline I, fase intervensi, dan fase baseline II. Analisis data yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik penyisihan sesaat (time-out) dapat mengurangi perilaku tantrum pada autisme kelas III di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya penurunan durasi perilaku tantrum yang membandingkan data antara fase baseline I dan baseline II. Pengaruh yang diberikan terhadap perilaku tantrum didukung juga dengan persentase overlap dari fase intervensi (B) dan fase baseline II (A2) sebesar 42%, sedangkan dari fase baseline II (A2) dan fase baseline I (A1) sebesar 12,5%. Dengan persentase overlap yang semakin kecil, menandakan bahwa pengaruh penerapan teknik time-out terhadap perilaku tantrum akan semakin baik. Dari hasil analisis data antar kondisi diketahui telah terjadi penurunan durasi perilaku tantrum sebanyak 2 level (+2) pada kondisi fase intervensi setelah dibandingkan dengan fase baseline I; penurunan level durasi perilaku tantrum sebanyak 3 level (+3) pada kondisi fase baseline II setelah dibandingkan dengan fase intervensi; dan terjadi penurunan level durasi perilaku tantrum sebanyak 3 level (+3) pada kondisi setelah dikenai intervensi ( fase baseline II) setelah dibandingkan dengan fase sebelum dikenai intervensi (baseline I). Dengan berkurangnya durasi perilaku tantrumsaat pembelajaran, siswa diharapkan mampu untuk mengikuti proses pembelajaran secara baik dengan suasana yang kondusif. Dengan demikian, pembelajaran akan berlangsung efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26935

Actions (login required)

View Item View Item