PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE ROLE PLAYING BAGI ANAK TUNAGRAHITA TIPE RINGAN KELAS 2 SDLB DI SLB NEGERI 1 BANTUL

Raya, Febrina Prasetya (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA DENGAN METODE ROLE PLAYING BAGI ANAK TUNAGRAHITA TIPE RINGAN KELAS 2 SDLB DI SLB NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, FIP.

[img] Text
08103244005_FEBRINA PRASETYA RAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role playing bagi siswa tunagrahita tipe ringan kelas 2 SDLB di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berbicara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa tunagrahita tipe ringan kelas 2 SDLB Negeri 1 Bantul. Hal ini terbukti dalam hasil tes kemampuan berbicara. Peningkatan kemampuan berbicara dapat dilihat dari skor masingmasing siswa saat tes kemampuan awal, tindakakan siklus I dan tindakan siklus II. Skor tes kemampuan awal TR mendapatkan 7, skor subjek YB mendapatkan 6, dan skor subjek YS mendapatkan 6. Pada siklus I, skor TR meningkat menjadi 12, skor YB menjadi 13, dan skor YS menjadi 11. Pada siklus II, skor TR meningkat menjadi 15, skor YB menjadi 16, dan skor YS menjadi 15. Tema role playing dari penelitian bagi anak tunagrahita tipe ringan ini kejujuran dalam hidup sehari-hari dengan bermain peran sebagai penjual dan pembeli pada siklus I dan bermain peran sebagai penemu dompet pada siklus II. Hasil refleksi tindakan menunjukkan, pada siklus I semua subjek dapat mengungkapkan percakapan sesuai perannya dan dapat menjawab pertanyaan meskipun terdapat satu subjek yang belum mencapai nilai KKM. Pada siklus II, semua siswa dapat mengungkapkan percakapan sesuai perannya dan secara mandiri dapat menceritakan kembali alur cerita yang diperankan serta menjawab pertanyaan yang diberikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 15 Oct 2015 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26934

Actions (login required)

View Item View Item