FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK SHOLAWAT KHOTAMANNABI DI DUSUN PAGERJO DESA MENDOLO-LOR KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN

Indrayanto, Rendi (2013) FUNGSI DAN BENTUK PENYAJIAN MUSIK SHOLAWAT KHOTAMANNABI DI DUSUN PAGERJO DESA MENDOLO-LOR KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rendi Indrayanto 08208241029.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah fungsi dan bentuk penyajian musik Sholawat Khotamannabi di Dusun Pagerjo Desa Mendolo-lor Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan fungsi musik dan bentuk penyajian musik Sholawat Khotamannabi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah musik Sholawat Khotamannabiyang meliputi fungsi dan bentuk penyajian. Subjek penelitian ini adalah pendukung Sholawat Khotamannabi. Pengumpulan datanya dengan cara (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Tahap-tahap dalam menganalisis data adalah dengan (1) Reduksi Data, (2) Penyajian data, dan (3) Penyimpulan.Untuk pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi musik Sholawat Khotamannabi sebagai (1) sarana komunikasi antara pemain, pendengar serta sang pencipta, (2) sarana hiburan bagi masyarakat, (3) media penerangan sebagai misi dakwah, (4) Pendidikan norma sosial berupa pesan moral, (5) Pelestari kebudayaan Jawa dengan laras gamelan Jawa slendro maupun pelog, (6) ritual keagamaan, dan (7) identitas masyarakat dengan unsur-unsur budaya Jawa. Bentuk Penyajian berupa bentuk ansambel vokal dan koor dengan iringan musik terbang atau rebana. Bentuk penyajian ini diatur atau ditata berupa (1) bloking atau seting melingkar dan setengah melingkar, (2) melodi musik Sholawat Khotamannabi terdapat pada gambuh atau solo vokal dan koor, (3) pengiring musik Sholawat Khotamannabi berupa tipung atau kempling, kempyang bernada (nem), kempul bernada (lu), gong bernada (ro), dan kendang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi, bentuk penyajian musik, Sholawat Khotamannabi
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26906

Actions (login required)

View Item View Item