PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VCD) PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK BHINNEKA TUNGGAL IKA YOGYAKARTA

Sari, Priska Arlita Christy Kumala (2013) PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL (VCD) PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK BHINNEKA TUNGGAL IKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Priska Arlita Christy KS 06208241021.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran vokal dengan media audio visual (VCD) pada anak usia dini di Taman kanak-kanak Bhinneka Tunggal Ika Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6 orang anak Taman kanak-kanak Bhinneka Tunggal Ika yang mengikuti pembelajaran seni musik, sedangkan obyek penelitian ini adalah pembelajaran vokal dengan menggunakan media audio visual (VCD). Data yang diambil adalah proses pembelajaran vokal dengan menggunakan media audio visual (VCD). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi partisipatif, yaitu terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Wawancara langsung kepada Kepala Sekolah, Guru, dan anak yang mengikuti pembelajaran vokal. Dokumentasi kepustakaan, foto dan video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran vokal dengan menggunakan audio visual (VCD) diawali dengan perencanaan pembelajaran dan proses pembelajaran meliputi pemanasan vokal dan pembelajaran materi lagu. Media audio visual (VCD) dalam pembelajaran vokal dimanfaatkan pada saat pembelajaran materi lagu. Setelah guru melafalkan syair lagu dan mendemonstrasikan lagu yang akan dinyanyikan, anak menirukan materi lagu dengan bantuan media audio visual (VCD). Pembelajaran vokal dengan menggunakan media audio visual (VCD) sangat membantu guru dalam proses penyampaian materi lagu ke anak. Materi lagu yang diajarkan dalam pembelajaran vokal adalah materi lagu berbahasa Indonesia, Inggris, mandarin dan Jepang. Materi lagu yang dibahas antara lain lagu naik delman, skidamarink, yi er san si, dan maru maru mori mori. Anak dapat menghafal lagu yang mengandung syair berulang. Syair lagu yang panjang dan tidak banyak pengulangan, tidak mudah untuk dihafal oleh anak, dan fokus anak beralih ke gerakan yang ditampilkan dalam VCD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran vokal, media audio visual
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 02:08
Last Modified: 30 Jan 2019 03:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item