PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE KODALY DENGAN METODE IMITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK SEKOLAH PADA KELAS VIII DI SMP N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Wibawa, Nugraha Setia (2013) PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE KODALY DENGAN METODE IMITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK SEKOLAH PADA KELAS VIII DI SMP N 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nugraha Setia Wibawa 09208241031.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar antara penggunaan metode Kodaly dengan metode imitasi pada pembelajaran ansambel musik sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah Control Group Posttest Only Design. Dalam desain penelitian ini, dipilih dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen secara acak. Adapun instrumen yang dipakai yaitu berupa lembar observasi dan tes praktik. Pengumpulan data penelitian berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dibantu dengan software SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang positif dan signifikan antara prestasi hasil belajar siswa yang menggunakan metode Kodaly dan metode imitasi. Hal ini ditunjukkan dengan t-hitung > t-tabel mengingat bahwa mean prestasi belajar metode Kodaly lebih tinggi maka dapat dikatakan bahwa metode Kodaly lebih baik daripada metode imitasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode Kodaly, SPSS 19, pretest, postest
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26902

Actions (login required)

View Item View Item