PROSES PEMBELAJARAN BIOLA MENGGUNAKAN METODE SUZUKI DI SANGGAR BUNGA MUSIKA YOGYAKARTA

Wibowo, Magma Ikhlas (2013) PROSES PEMBELAJARAN BIOLA MENGGUNAKAN METODE SUZUKI DI SANGGAR BUNGA MUSIKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Magma Ikhlas Wibowo 07208244006.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran biola menggunakan metode Suzuki di Sanggar Bunga Musika Yogyakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah guru biola Sanggar Bunga Musika Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berhubungan dengan proses pembelajaran biola dengan metode Suzuki, yang ditinjau dari proses langkah-langkah pembelajarannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung pada saat pembelajaran, wawancara dilakukan dengan guru (pelatih) biola dan pemilik Sanggar Bunga Musika, serta dokumentasi yang berupa foto-foto proses pembelajaran. Data dianalisis dengan teknik analisis desktiptif kualitatif. Teknik keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian proses pembelajaran biola menggunakan metode Suzuki di Sanggar Bunga Musika Yogyakarta menunjukan sebagai berikut (1) Pendidikan dimulai di usia sangat dini dengan cara tidak membatasi siswa yang belajar biola di Sanggar Bunga Musika. (2) Mendahulukan mengajarkan siswa mendengarkan baru memainkan alat musik, dengan cara guru mendemonstrasikan lagu yang dipelajari siswa baru siswa menirukan lagu tersebut. (3) Pembelajaran biola berlangsung dengan memberikan lagu yang ada di dalam buku Suzuki secara berulang-ulang. (4) Pembelajaran membaca notasi balok menggunakan penjarian sesuai dengan yang ada di dalam buku metode Suzuki. Kesimpulan proses pembelajaran biola dengan metode Suzuki di Sanggar Bunga Musika tidak sepenuhnya menggunakan metode Suzuki. Hal tersebut terbukti tidak adanya CD pembelajaran dalam proses pembelajaran dan pembelajaran kelompok yang menggunakan Grup Band tidak sesuai dengan Metode Suzuki. CD materi pembelajaran yang berisi lagu-lagu yang ada di dalam Metode Suzuki. Metode Suzuki merupakan metode pembelajaran yang mendahulukan siswa biola mendengarkan lagu yang dimainkan dari pada harus memainkan notasi balok yang sulit dipahami, sehingga siswa Suzuki lebih terlatih pendengarnya karena sudah dilatih di usia sangat dini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran biola, metode suzuki
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26901

Actions (login required)

View Item View Item