EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN RECORDER SOPRAN DENGAN MEDIA IRINGAN MIDI DI SMP NEGERI 1 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wahyudi, Imam (2013) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN RECORDER SOPRAN DENGAN MEDIA IRINGAN MIDI DI SMP NEGERI 1 WONOSARI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Imam Wahyudi 09208244008.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok yang menggunakan media iringan MIDI dan kelompok yang tanpa menggunakan media iringan MIDI dalam proses pembelajaran recorder sopran pada siswa SMP Negeri 1 Wonosari Tahun 2012/2013. Selain itu, untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan media iringan MIDI dalam proses pembelajaran recorder sopran. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran recorder sopran dengan menggunakan media iringan MIDI dan pembelajaran recorder sopran tanpa menggunakan media iringan MIDI, sedangkan variabel terikat berupa hasil belajar recorder sopran siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Wonosari tahun pelajaran 2012/2013 yang mengikuti mata pelajaran seni musik ketika jam pelajaran seni budaya dan keterampilan berlangsung dengan jumlah 55 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling yang dilakukan dengan cara mengundi data siswa yang diperoleh selama penelitian berlangsung. Berdasarkan pengundian dapat ditentukan jumlah siswa masing-masing pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebanyak 24 siswa. Jadi, sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tes bentuk unjuk kerja siswa yaitu praktik membawakan notasi lagu Nusantara menggunakan alat musik recorder sopran. Validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (expert judgement) yaitu dengan mengkonsultasikan intrumen kepada para ahli. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar 2,611 dengan df 46 dan Sig. (2-tailed) sebesar 0,01. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,01<0,05). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan media iringan MIDI dan kelompok yang tanpa menggunakan media iringan MIDI dalam proses pembelajaran recorder sopran pada siswa SMP Negeri 1 Wonosari Tahun 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: midi, pembelajaran, dan hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26896

Actions (login required)

View Item View Item