UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN INSTRUMEN MUSIK DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL DI SD NEGERI KALASAN 1

Praptomo, Haryo (2013) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN INSTRUMEN MUSIK DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MELALUI PENGGUNAAN METODE DRILL DI SD NEGERI KALASAN 1. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Haryo Praptomo 07208244001.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan upaya peningkatan keterampilan bermain instrumen musik siswa SD Negeri Kalasan 1 dalam pembelajaran ansambel melalui penggunaan metode drill. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalasan 1 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian dilaksanakan pada jam pelajaran seni musik. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas pedoman observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes penampilan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, serta menggunakan persentase sebagai perbandingan nilai rata- rata keterampilan bermain instrumen musik antara sebelum dan sesudah menerapkan pembelajaran ansambel melalui penggunaan metode drill. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan bermain instrumen musik dalam pembelajaran ansambel bagi siswa kelas V SD Negeri Kalasan 1. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata dari hasil evaluasi. Rata-rata nilai yang didapat adalah prasiklus 69,7; siklus I 78,7; dan siklus II 83,7. Dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ansambel melalui penggunaan metode drill dapat meningkatkan keterampilan bermain instrumen musik dalam pembelajaran ansambel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bermain instrumen, ansambel, metode drill
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item