MINAT MAHASISWA PIM PERKUSI TERHADAP INSTRUMEN MARIMBA DALAM PEMBELAJARAN PIM PERKUSI DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Yulianto, Eko (2013) MINAT MAHASISWA PIM PERKUSI TERHADAP INSTRUMEN MARIMBA DALAM PEMBELAJARAN PIM PERKUSI DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
EkoYulianto 06208244036.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat mahasiswa PIM perkusi terhadap instrumen marimba. Permasalahan diangkat dari jarangnya mahasiswa PIM perkusi berlatih instrumen marimba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan penelitian survei. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Seni Musik. Populasi penelitian adalah mahasiswa PIM perkusi dari angkatan 2007 – 2011 dengan jumlah 50 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Instrumen penelitian berupa angket dengan empat pilihan jawaban. Validitas instrumen melalui validitas isi yaitu dengan mengonsultasikan kepada expert judgement, dan validitas konstruk yaitu dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%. Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan taraf signifikansi 5%. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan prosentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa minat mahasiswa PIM perkusi adalah rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil mean=75.30 dengan perolehan prosentase sebesar 36.36% dan hasil perhitungan prosentase indikator yang membangun minat adalah: 1) Perhatian, mean=16.83 dengan prosentase sebesar 25.17%; 2) Ketertarikan, mean=21.70 dengan prosentase sebesar 25.96%; 3) Rasa senang, mean=18.30 dengan prosentase sebesar 24.32%; 4) Dorongan, mean=18.47 dengan prosentase sebesar 24.55%. Dari hasil tersebut dapat diketahui sebesar 36.36% termasuk dalam kategori rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa Minat Mahasiswa PIM Perkusi Terhadap Instrumen Marimba Dalam Pembelajaran PIM Perkusi di Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarata adalah rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, PIM perkusi, instrumen marimba
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26892

Actions (login required)

View Item View Item