UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN PENJARIAN TANGGANADA DALAM PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DI SMP NEGERI 1 TAWANGSARI

Adi, Christian Henri Kusuma (2013) UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN PENJARIAN TANGGANADA DALAM PEMBELAJARAN PIANIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF DI SMP NEGERI 1 TAWANGSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Christian Henri Kusuma Adi 07208244019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penjarian tangganada dalam permainan pianika pada mata pelajaran seni budaya. Media yang digunakan adalah media interaktif, yaitu media yang yang memiliki sifat saling mempengaruhi atau timbal balik antara pengguna (user) dengan program yang sesuai dengan materi penjarian tangga nada agar penjarian siswa menjadi lebih baik dan teratur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian dengan subyek tindakan sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa permempuan dan 13 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multi media interaktif dalam proses pembelajaran penjarian tanggannada pada permainan pianika di SMP N 1 Tawangsari efektif yang dilihat dari peningkatan penguasaan tangga nada dalam permainan pianika. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan melihat nilai rata-rata dari hasil evaluasi. Rata-rata nilai yang didapat adalah pada pra siklus 71, siklus Idiperoleh 78,19 dan siklus II diperoleh 84,62. Dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran menggunakan multi media interaktif dapat meningkatkan penguasaan tangga nada dalam permainan pianika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penjarian tangganada, pianika, media interaktif
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26890

Actions (login required)

View Item View Item