PERSEPSI KEPALA SEKOLAH, GURU DAN ORANG TUA WALI SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI 8 TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Nurul 'Aini, Alfi (2013) PERSEPSI KEPALA SEKOLAH, GURU DAN ORANG TUA WALI SISWA TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI 8 TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Alfi Nurul 'Aini 05208241021.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi kepala sekolah, guru dan orangtua wali siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler drumband di 8 Taman Kanak-Kanak Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ditinjau dari segi sikap, perhatian, motivasi dan harapan serta penilaian Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif tanpa mengajukan hipotesis, tetapi berusaha menjelaskan sesuatu fenomena sebagaimana adanya yang didukung dengan tabel dan grafik. Sampel dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan orang tua wali siswa dari 8 Taman Kanak-Kanak Kecamatan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dengan menggunakan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner (angket) yang terdiri dari 20 pernyataan. yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas instrument dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment dan teknik Alpha Crondbac’h. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa 100% atau seluruh kepala sekolah di 8 TK Banguntapan, Bantul, Yogyakarta menunjukkan persepsi yang positif terhadap kegiatan ekstrakurikuler drumband ditunjukkan dengan angka mean empirik diatas 50 (64,38 > 50). Berdasarkan 36 guru TK Banguntapan, Bantul, Yogyakarta menunjukkan bahwa seluruh guru menunjukkan persepsi positif terhadap kegiatan ekstrakurikuler drumband ditunjukkan dengan angka mean empirik diatas 50 ( 60,39 > 50). Berdasarksan 162 wali siswa TK Banguntapan, Bantul, Yogyakarta menunjukkan bahwa seluruh wali siswa memberikan persepsi yang positif terhadap kegiatan ekstrakurikuler drumband ditunjukkan dengan angka mean empirik diatas 50 (65 > 50).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kepala Sekolah, Guru, Orang tua wali siswa. Drumband
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26887

Actions (login required)

View Item View Item