Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013

Mardhiyana, Dewi (2015) Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-dewi-mardhiyana.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model asesmen pembelajaran matematika SMA yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang layak, yaitu valid, reliabel, dan praktis. Model asesmen yang dikembangkan terdiri dari instrumen asesmen untuk mengukur Kompetensi Inti 1 (KI-1), Kompetensi Inti 2 (KI-2), Kompetensi Inti 3 (KI-3), dan Kompetensi Inti 4 (KI-4). Materi yang dikembangkan adalah materi Kelas XI Matematika Wajib semester 2. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Plomp, yang terdiri dari tahap penelitian awal, pengembangan, dan penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi KI-1 dan KI-2, angket KI-1 dan KI-2, tes KI-3 dan KI-4, lembar penilaian guru, dan angket penilaian siswa. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 2 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 8 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Analisis kevalidan dilakukan dengan menggunakan indeks Aiken. Reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha dan KR-20. Analisis kepraktisan dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model asesmen pembelajaran matematika yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Instrumen asesmen yang dihasilkan terdiri dari angket, lembar observasi dan tes. (1) Teknik asesmen yang digunakan untuk mengukur KI-1 dan KI-2 berupa observasi dan penilaian diri. Sedangkan teknik asesmen yang digunakan untuk mengukur KI-3 dan KI-4 berupa tes. (2) Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa model asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria valid untuk masing-masing angket, lembar observasi dan tes. (3) Koefisien reliabilitas angket KI-1 untuk skala Likert dan skala inventori berturut-turut adalah 0,715 dan 0,675. Koefisien reliabilitas angket KI-2 untuk skala likert dan skala inventori berturut-turut adalah 0,897 dan 0,789. Koefisien reliabilitas tes KI-3 yang terdiri dari materi statistika, aturan pencacahan, persamaan lingkaran, transformasi geometri, turunan dan integral berturut-turut adalah 0,703; 0,751; 0,753; 0,708; 0,804; dan 0,756. Koefisien reliabilitas tes KI-4 yang terdiri dari materi statistika, aturan pencacahan, persamaan lingkaran, transformasi geometri, turunan dan integral berturut-turut adalah 0,705; 0,761; 0,761; 0,746; 0,745; dan 0,701. (4) Model asesmen mencapai kategori praktis untuk penilaian guru sebesar 94%. Sedangkan hasil angket penilaian siswa mencapai kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS)
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:30
Last Modified: 08 May 2019 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26827

Actions (login required)

View Item View Item