Keefektifan Pendekatan Scientific Approach dan Genre-Based Approach dalam Pembelajaran Menulis Teks Recount Siswa Kelas X MAN Wonokromo Bantul

Yulianti, Ari (2015) Keefektifan Pendekatan Scientific Approach dan Genre-Based Approach dalam Pembelajaran Menulis Teks Recount Siswa Kelas X MAN Wonokromo Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ari-yulianti-13076259016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks recount: (1) antara siswa kelas yang diajar menggunakan scientific approach dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan tradisional, (2) antara siswa yang diajar menggunakan genre-based approach dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan tradisional, dan (3) antara siswa yang diajar menggunakan scientific approach dan siswa yang diajar menggunakan genre-based approach. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MAN Wonokromo Bantul yang terdiri dari enam kelas pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel sejumlah tiga kelas dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah scientific approach dan genre-based approach. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks recount. Teknik pengumpulan data penelitian adalah tes menulis, lembar observasi, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data adalah tes menulis dalam bentuk essay. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahli. Teknik antarater digunakan untuk menguji reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment Correlation. Uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov_Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene test. Teknik analisis data menggunakan adalah Anava satu jalan (ANOVA), kemudian dilanjutkan dengan uji Scheffe . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks recount antara siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul yang diajar menggunakan scientific approach dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan tradisional, (2) ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks recount antara siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul yang diajar menggunakan genre-based approach dan siswa yang diajar menggunakan pendekatan tradisional, dan (3) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan menulis teks recount siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul yang diajar menggunakan scientific approach dan siswa yang diajar menggunakan genre-based approach.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: scientific approach, genre-based approach, students’ ability in writing recount texts
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Oct 2015 01:29
Last Modified: 14 Nov 2022 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26823

Actions (login required)

View Item View Item