PERSEPSI SISWA TERHADAP KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Darmawan, Aditya (2015) PERSEPSI SISWA TERHADAP KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Persepsi yang dimaksud adalah respon siswa terhadap kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan instrumen penelitian berupa angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Yogyakarta yang berjumlah 937 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini, uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap kurikulum 2013 mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 8 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 adalah positif/baik. Hasil ini dapat dibuktikan dari 90 responden terdapat 19 responden (21,1%) mempunyai persepsi yang baik, 43 responden (47,8%) mempunyai persepsi yang cukup baik, 20 responden (22,2%) mempunyai persepsi yang kurang baik dan 8 responden (8,9%) mempunyai persepsi sangat kurang baik. Jika dijumlahkan sebanyak 62 responden (68,9%) mempunyai persepsi baik dan cukup baik sedangkan 28 responden (31,1%) mempunyai persepsi kurang baik dan sangat kurang baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: persepsi, siswa, kurikulum 2013
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 10:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26749

Actions (login required)

View Item View Item