UPAYA PENINGKATAN TEKNIK BERNYANYI PADA EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SD TERUNA BANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE D I D (Demontrasi, Imitasi, Drill)

Marturia, Prima (2015) UPAYA PENINGKATAN TEKNIK BERNYANYI PADA EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SD TERUNA BANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE D I D (Demontrasi, Imitasi, Drill). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI-PRIMA MARTURIA-10208241022.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan teknik bernyanyi pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara di SD Teruna Bangsa. Hal ini dikarenakan, bahwa dalam pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara sebelum dilakukan penelitian masih ditemukan berbagai hambatan salah satunya adalah penerapan suatu metode dalam proses pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Teruna Bangsa yang mengikuti ekstrakurikuler paduan suara, yang berjumlah 25 siswa terdiri dari 14 siswa putri dan 11 siswa putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan catatan lapangan. Analisis data kemampuan teknik bernyanyi siswa dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode “DID” dalam proses pembelajaran pada paduan suara di SD Teruna Bangsa dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bernyanyi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata dari hasil evaluasi bernyanyi pada setiap siklus. Pada pra siklus ke siklus I nilai siswa mengalami peningkatan sebesar 3,79%. Setelah diberikan penerapan metode “DID” maka siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,24% sehingga total peningkatan selama diberikan pembelajaran teknik bernyanyi melalui metode “DID” meningkat sebesar 12,03%. Pada pra siklus diproleh rata-rata siswa dengan nilai 67,11, pada siklus I menjadi 69,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 75,40.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode “DID”, teknik bernyanyi, paduan suara
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 08:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26740

Actions (login required)

View Item View Item