UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM BERMAIN BAND MELALUI METODE DRILL DI SLB-G DAYA ANANDA SLEMAN

Mohammad, Zakaria (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM BERMAIN BAND MELALUI METODE DRILL DI SLB-G DAYA ANANDA SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Registered users only until 2030.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan siswa berkebutuhan khusus dalam bermain band melalui metode drill di SLB-G Daya Ananda Sleman. Penelitian ini dilakukan dalam pembelajaran band yang diikuti oleh lima orang siswa yang terdiri dari berbagai tingkatan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, 1) Siklus I, 2) Siklus II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui, 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes Praktek. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah face validity. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh suatu kesimpulan bahwa melalui penerapan metode drill keterampilan siswa dalam bermain band di SLB-G Daya Ananda meningkat. Hasil ini ditunjukkan dari hasil tes praktek pada tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada tahap pra siklus adalah 66,6. Nilai tersebut belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 68. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 71,8. Nilai rata rata siswa pada siklus II adalah 84,6. Nilai tersebut telah mencapai nilai KKM. Kenaikan nilai rata-rata siswa dari siklus I sampai dengan akhir siklus II adalah sebesar 18%. Deskripsi yang telah dijabarkan tersebut merupakan implikasi tindakan yang telah dilakukan. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain band di SLB-G Daya Ananda Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: upaya, peningkatan, keterampilan, band
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 08:39
Last Modified: 30 Jan 2019 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26736

Actions (login required)

View Item View Item