Rianto, Ridho (2015) PROSES PEMBELAJARAN GITAR ELEKTRIK DI PURWA CARAKA MUSIC STUDIO (PCMS) YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Skripsi.pdf Restricted to Registered users only until 2020. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran gitar elektrik di Purwa Caraka Music Studio (PCMS) Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah guru gitar elektrik di PCMS Yogyakarta. Penelitian ini difokuskan kepada proses pembelajaran gitar elektrik di Purwa Caraka Music Studio (PCMS) Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung pada saat pembelajaran, wawancara dilakukan dengan guru gitar elektrik dan pemilik PCMS Yogyakarta, serta dokumentasi yang berupa foto dan video proses pembelajaran. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses Pembelajaran gitar elektrik di PCMS berjalan dengan baik. Hal tersebut didukung dengan proses pembelajaran yang bersifat privat yaitu satu siswa diajarkan oleh satu guru agar guru lebih fokus untuk mengajarkan materi kepada siswa. Adapun langkah-langkah pada proses pembelajaran gitar elektrik di PCMS yaitu diawali dengan pemanasan (Picking dan Fingering), membahas tugas, pembelajaran teori dan latihan teknik. Untuk evaluasi pembelajaran gitar elektrik di PCMS dilakukan disetiap pertemuan melalui tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya serta berbagai event yang dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan siswa namun, evaluasi paling utama adalah ujian untuk kenaikan grade siswa dimana dilaksanakan sekali dalam setahun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 08:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26731 |
Actions (login required)
View Item |