UPAYA PENINGKATAN TEKNIK PERNAFASAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH VOKAL 2 KELAS H MENGGUNAKAN MEDIA LILIN DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Setiawan, Sih Ell Wahyu (2015) UPAYA PENINGKATAN TEKNIK PERNAFASAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH VOKAL 2 KELAS H MENGGUNAKAN MEDIA LILIN DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan teknik pernafasan mahasiswa pada Mata Kuliah Vokal 2 Kelas H menggunakan media lilin di Jurusan Pendidikan Seni Musik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Permasalahan penelitian ini adalah penguasaan teknik pernafasan yang masih rendah dalam perkuliahan vokal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu; a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Dalam penelitian ini subyek yang digunakan adalah mahasiswa vocal 2 kelas H sebanyak 11 mahasiswa yang ikut berpastisipasi dalam penelitian ini. Instrument penilaian yang digunakan dalam penelitian ini telah dikonsultasikan dengan expert agar dapat digunakan untuk mengukur peningkatan produksi suara melalui tes bernyanyi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah skor dan aspek-aspek penilaian yang terdapat dalam penilaian tes bernyanyi. Hasiltes keterampilan bernyanyi menunjukan hasil pada prasiklus hanya 2 mahasiswa yang telah mencapai kategori keberhasilan tindakan, siklus I menunjukan 7 mahasiswa dan siklus II 10 mahaiawa berhasil atau 90,9% telah mencapai kategori keberhasilan tindakan. Hasil lembar observasi mahasiswa pada prasiklus hanya 1 mahasiswa yang telah mencapai kategori keberhasilan tindakan, siklus I menunjukan 10 mahasiswa atau 90,9% telah mencapai kategori keberhasilan dan siklus II 11 mahasiswa vokal 2 kelas H berhasil mencapai kategori yang ditentukan. Pembelajaran vocal 2 menggunakan media lilin ini dapat meningkatan teknik pernafasan vocal 2 kelas H sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik pernafasan, media lilin, vokal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 08 Oct 2015 07:44
Last Modified: 30 Jan 2019 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26726

Actions (login required)

View Item View Item