PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKE-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Wulansari, Widyarini (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKE-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKE-TEKI SILANG) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA KELAS XI IPS 3 SMA N 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2010-2011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang terdapat di sekolah adalah rendahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode pembelajaran crossword puzzle di kelas XI IPS 3 SMA N 1 Srandakan, 2) untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar sosiologi siswa melalui metode pembelajaran crossword puzzle, 3) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar sosiologi siswa melalui metode pembelajaran crossword puzzle, dan 4) untuk mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode pembelajaran crossword puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Adapun tahap-tahap dalam penelitian ini me1iputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran pene1itian yaitu kelas XI IPS 3 (24 siswa). Penelitian ini dilaksanakan melalui kolaborasi dengan guru mata pelajaran sosiologi di SMA N 1 Srandakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Untuk analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menganalisa persentase keaktifan rata-rata keaktifan siswa, nilai rata-rata prestasi belajar dan daya serap pada siklus I, II dan III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran crossword puzzle pada siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Srandakan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa. Pe1aksanaan pembelajaran dengan metode pembe1ajaran crossword puzzle menggunakan 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus pene1iti mengkombinasikan dengan berbagai tipe diskusi dan beberapa langkah serta tata cara yang berbeda dari siklus sebelumnya Hasil keaktifan siswa menunjukkan keaktifan siswa pada siklus II meningkat 9.51 % dari siklus I dan pada siklus III meningkat 12.66% dari siklus II. Hasil prestasi belajar siswa berdasarkan nilai pre test dan post test menunjukkan peningkatan pre stasi siswa pada siklus I sebesar 19.19%, siklus II sebesar 65.68% dan pada siklus III mengalami peningkatan signifikan menjadi sebesar 97.52%. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan metode pembelajaran crossword puzzle yaitu guru kurang memahami dan menguasai penerapan metode pembelajaran crossword puzzle, kesulitan dalam menentukan materi dan membuat teka-teki silang, dan pada proses penilaian pre stasi kadang siswa bekerja sama dengan siswa lain sehingga kadang nilainya sama. Kata kunci: metode pembelajaran crossword puzzle, keaktifan, prestasi, be1ajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Oct 2015 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26696

Actions (login required)

View Item View Item