Dwi, Puji Hastuti (2015) Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura. S1 thesis, UNY.
|
Text
DWI PUJI HASTUTI - 06518241002.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi Pelaksanaan KTSP Bidang Keahlian Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura ABSTRAK Penulis : Dwi Puji Hastuti/NIM. 06518241002 Dosen Pembimbing : Dr. Edy Supriyadi/NIP. 19611003 198703 1 002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi KTSP bidang keahlian Elektronika Industri SMK Harapan Kartasura, meliputi: (1) aspek konteks mencakup kesesuaian dengan visi dan misi tujuan bidang keahlian elektronika industri, kebutuhan masyarakat dan dunia kerja, serta perkembangan IPTEKS, (2) aspek input mencakup guru, teknisi, karyawan, dan fasilitas penunjang baik berupa gedung, ruang kelas, bengkel, lab, maupun perpustakaan, (3) aspek proses mencakup pelaksanaan proses belajar mengajar dan penilaian hasil belajar, dan (4) aspek produk mencakup kesesuaian kompetensi lulusan, dan tingkat keterserapan lulusan ke dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Penelitian dilaksanakan di SMK Harapan Kartasura. Responden penelitian meliputi 6 guru dan 28 siswa bidang keahlian elektronika industri. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara, dan diolah menggunakan bantuan SPSS 12.00 for Windows. Hasil penelitian dari angket siswa menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan KTSP secara keseluruhan sebesar 102,9286 termasuk dalam kategori sesuai atau baik. Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau dari aspek Context dengan hasil rata-rata sebesar 11,1071 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek Input dengan hasil rata-rata sebesar 24,9286 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil rata-rata sebesar 43,6429 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, dan (4) ditinjau dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 23,2500 termasuk kategori sesuai atau baik. Sedangkan hasil penelitian dari angket guru menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan KTSP secara keseluruhan sebesar 339,0000 termasuk dalam kategori sangat sesuai atau sangat baik. Hasil penelitian pelaksanaan KTSP setiap aspek adalah sebagai berikut: (1) ditinjau dari aspek Context dengan hasil rata-rata sebesar 49,5000 termasuk dalam kategori sesuai atau baik, (2) ditinjau dari aspek Input dengan hasil rata-rata sebesar 80,8333 termasuk dalam kategori sangat sesuai atau sangat baik, (3) ditinjau dari aspek Process dengan hasil rata-rata sebesar 140,3333 termasuk dalam kategori sangat sesuai atau sangat baik, dan (4) ditinjau dari aspek Product dengan hasil rata-rata sebesar 68,3333 termasuk kategori sesuai atau baik. Kata kunci: kurikulum, KTSP
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 06 Oct 2015 04:13 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26636 |
Actions (login required)
View Item |