ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF BUATAN GURU ULANGAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2013/2014

Tri Wahyuningsih, Erwin (2015) ANALISIS BUTIR SOAL TES OBJEKTIF BUATAN GURU ULANGAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 MLATI TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Erwin Tri Wahyuningsih .pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal tes obyektif buatan guru pada ulangan semester ganjil Mata Pelajaran Ekonomi kelas X di SMA N 1 Mlati tahun ajaran 2013/2014 dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Mlati pada bulan Desember 2013 – Januari 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mencari informasi dan data yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan kualitas tes. Objek penelitian ini adalah Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Mlati Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pengujian butir soal dengan batuan Program ITEMAN MicroCat versi 3.00 yang dilihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa: (1) Soal yang termasuk dalam kriteria valid berjumlah 12 butir (24%) sedangkan soal yang tidak valid berjumlah 38 butir (76%); (2) Berdasarkan reliabilitas, soal masuk dalam kategori reliabilitas rendah karena bernilai 0,506; (3) Soal yang termasuk dalam kategori sukar berjumlah 10 butir (20%), kategori sedang berjumlah 20 butir (40%) dan kategori mudah berjumlah 20 butir (40%); (4) Soal yang memiliki daya beda dengan kategori tidak baik berjumlah14 butir (28%), kategori cukup baik berjumlah 17 butir (38%) dan kategori baik berjumlah 19 butir (38%); (5) Dilihat dari tingkat efektivitas pengecohnya, soal yang pengecohnya berfungsi cukup baik berjumlah 1 soal (2%), kurang baik berjumlah 21 butir (42%) dan tidak baik berjumlah 28 soal (56%) sehingga sebagian besar soal masuk kriteria cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:25
Last Modified: 30 Jan 2019 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26627

Actions (login required)

View Item View Item