UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR TURBO DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR SHUTTLE COCK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I PRIPIH, KOKAP, KULON PROGO

Siti Istiqomah (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LEMPAR TURBO DENGAN METODE BERMAIN LEMPAR SHUTTLE COCK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I PRIPIH, KOKAP, KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
KAVER JUDUL SKRIPSI HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI ISTIQOMAH edit.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi atletik, khususnya lempar turbo, di kelas IV SDN I Pripih selalu berjalan tidak sesuai dengan rencana. Siswa kurang bersemangat, kurang aktif, tidak tertarik sehingga berpengaruh terhadap proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lempar turbo dengan bermain lempar shuttlecock pada siswa kelas IV SD Negeri I Pripih, Kokap, Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 siklus , dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri I Pripih, Kokap, Kulon Progo yang berjumlah 13 siswa . Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes unjuk kerja dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat meningkat dari setiap siklusnya, siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Kemampuan siswa dalam pelaksanaan lempar turbo juga meningkat. Pada studi awal siswa mencapai KKM 0 % , Sklus I 30,77 %, siklus II naik menjadi 69,23 % , nilai rata-rata pada studi awal 60,51, siklus I 67,69, sklus II 78,45. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lempar turbo dengan bermain lempar shuttlecock pada siswa kelas IV SD Negeri I Pripih, Kokap, Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran , lempar turbo, bermain, lempar shuttle cock
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 30 Sep 2015 13:43
Last Modified: 30 Jan 2019 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26570

Actions (login required)

View Item View Item