PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT JARINGAN LOKAL (LAN) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK 1 SEDAYU

Donni Saparingga, Saparingga (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT JARINGAN LOKAL (LAN) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Donni Saparingga 09518241019.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN MEMBUAT JARINGAN LOKAL (LAN) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMK 1 SEDAYU Oleh : Donni Saparingga NIM. 09518241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kompetensi siswa membuat jaringan lokal (LAN) dan tanggapan siswa terhadap model problem based learning yang digunakan selama proses pembelajaran siswa kelas XI Program Keahlian Komputer dan Jaringan di SMK 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus pertama terdiri dari 2 pertemuan, siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan dan siklus ketiga terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen pre test dan post test untuk menilai aspek kognitif. Penilaian aspek afektif dan psikomotorik menggunakan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa. Teknik analisis data dilakukan dalam tiga tahap, yaitu (1) reduksi data, pengumpulan data berdasarkan permasalahan (2) mendeskripsikan data dalam bentuk naratif, membuat grafik, serta menyusun tabel, dan (3) mengambil kesimpulan dengan cara menganalisis dan menginterpretasi data untuk menjawab masalah. Hasil penelitian menunjukkan setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning terjadi peningkatan kompetensi siswa baik pada aspek afektif, kognitif maupun psikomotorik. Persentase nilai rata-rata afektif pertemuan pertama sebesar 38,59% mengalami peningkatan menjadi 80,78% pada pertemuan kedelapan. Nilai rata-rata pre test siklus I sebesar 67,34 dan mengalami peningkatan menjadi 76,72 pada post test siklus I. Nilai tes siklus III juga mengalami peningkatan dari 56,25 menjadi 85,78. Aspek psikomotorik juga mengalami peningkatan yaitu, nilai psikomotorik I sebesar 72,99 menjadi 87,85 pada psikomotorik IV. Hasil angket tentang penerapan model problem based learning, menunjukkan sebanyak 20% siswa sangat setuju, 74% setuju, dan 6% tidak setuju. Secara keseluruhan, 94% siswa merespon positif dan 6% siswa merespon negatif. Kata kunci : kompetensi membuat jaringan lokal, penelitian tindakan kelas, problem based learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26557

Actions (login required)

View Item View Item