PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, POLA ASUH, DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Donafian, Indratama (2015) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, POLA ASUH, DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMKN 1 JENANGAN PONOROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Donafian Indratama-09501241010-Abstrak Indo-Ing.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR, POLA ASUH, DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMKN 1 JENANGAN PONOROGO 1Donafian Indratama, 2Totok Heru TM 1,2Progam Studi Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta email: 1dfan51indra@yahoo.co.id,2totok_ygy@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar, pola asuh orang tua, praktik industri dan kesiapan kerja siswa Kelas XI Elektronika Industri SMKN 1 Jenangan Ponorogo dan pengaruh kreativitas belajar, pola asuh orang tua, dan praktik industri terhadap kesiapan kerja siswa Kelas XI Elektronika Industri SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI dari Program Keahlian Elektronika Industri yang berjumlah 103 siswa. Data diambil menggunakan metode angket. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan regresi sederhana dan analisis jalur (path analysis), yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sebagian besar siswa memiliki kecenderungan kreativitas belajar, pola asuh orang tua, praktik industri dan kesiapan kerja dalam kategori sangat tinggi, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap kesiapan kerja sebesar 38.6 %, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kesiapan kerja sebesar 6,6 %, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara praktik industri terhadap kesiapan kerja sebesar 26,5%, (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap praktik industri sebesar 25.6%, (6) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap praktik industri sebesar 5,5%, (7) terdapat pengaruh mediasi praktik industri yang positif dan signifikan pada kreativitas belajar terhadap kesiapan kerja dengan koefisien analisis jalur sebesar 0,195, (8) terdapat pengaruh mediasi praktik industriyang positif dan signifikan pada pola asuh orang tua terhadap kesiapan kerja dengan koefisien analisis jalur sebesar 0.112. Kata kunci: kesiapan kerja, kreativitas belajar, pola asuh orang tua, praktik industri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:52
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26556

Actions (login required)

View Item View Item