PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK REFERENSI, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isnaeni, Rina (2015) PENGARUH MOTIVASI, KELOMPOK REFERENSI, DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MENEMPUH PENDIDIKAN PADA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RINA ISNAENI_11404241035_SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY; (2) pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY; (3) pengaruh biaya pendidikan terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY; (4) pengaruh motivasi, kelompok referensi, dan biaya pendidikan secara bersama-sama terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (hubungan) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2011-2014 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 166 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) motivasi berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY, dengan nilai thitung sebesar 7,425 dan taraf signifikansi sebesar 0,000; (2) kelompok referensi tidak berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY, dengan nilai thitung sebesar 0,545 dan taraf signifikansi sebesar 0,585; (3) biaya pendidikan berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY, dengan nilai thitung sebesar 3,257 dan taraf signifikansi sebesar 0,001; (4) motivasi, kelompok referensi, dan biaya pendidikan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa menempuh pendidikan di jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY, dengan nilai F sebesar 26,681dan taraf signifikansi 0,000, dengan besar pengaruh sebesar 33,1%, sedangkan sisanya 66,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26517

Actions (login required)

View Item View Item