ALAT PERMAINAN EDUKATIF KNOCK DOWN JOGLO YOGYAKARTA UNTUK PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TRADISI DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA

Puspo Asih, Wulandari (2015) ALAT PERMAINAN EDUKATIF KNOCK DOWN JOGLO YOGYAKARTA UNTUK PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TRADISI DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS WULANDARI PUSPO ASIH.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta untuk pembelajaran apresiasi seni tradisi kelas III di SD Negeri Demangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan pendekatan Penelitian Studio/Studio-based Research. Subjek penelitian adalah alat permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta. Penelitian difokuskan pada penciptaan alat permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta. Langkah penelitian dilakukan melalui tiga langkah penelitian meliputi memahami susunan joglo, reduksi kontruksi joglo, proses pembuatan produk, dan penilaian produk. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis sebelum di lapangan untuk studi pendahuluan dan teknik analisis data selama di lapangan model Milles dan Huberman. Keabsahan data melalui triangulasi data (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian adalah mempermudah guru dan peserta didik untuk memperkenalkan kontruksi bentuk joglo dalam pembelajaran apresiasi seni tradisi setelah terciptanya alat permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta dibuat berdasarkan potret Joglo Gedhong Kaca, Museum Hamengku Buwono IX Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, berbentuk tiga dimensi dengan skala 1: 20. Bentuk produk berupa kepingan dari gabungan kontruksi yang membentuk bangunan Joglo Yogyakarta, yang terdiri dari lantai, umpak, saka, kili, pengeret, tutup kepuh, atap berunjung dan penanggap. Pemilihan bahan yang digunakan untuk alat permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta berupa kayu jati, cat mowilex water-based wodstain, dan cat air yang digunakan sebagai warna untuk simbol pada sistem purus dan sistem cathokan. Lembar langkah-langkah permainan edukatif knock down Joglo Yogyakarta dibuat dengan tujuan untuk mempermudah dalam bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Knock down, Joglo
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 22 Sep 2015 12:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26456

Actions (login required)

View Item View Item