Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Berbasis Multikultur sebagai Upaya Pemertahanan Budaya Lokal

Sugirin, Sugirin and Sudartini, Siti and Suciati, Suciati and Nurhayati, Lusi (2011) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Berbasis Multikultur sebagai Upaya Pemertahanan Budaya Lokal. Working Paper. LPPM, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
laporan penelitian unggulan akhir tahun pertama-Sugirin PhD.docx

Download (6MB)

Abstract

Tugas guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing lekat dengan masalah tuntutan untuk memperkanalkan budaya bahasa sasaran yang, sampai pada tingkat tertentu, dapat merecoki atau bahkan menghalangi pengembangan penguasaan budaya lokal, nilai-nilai lokal, atau bahkan identitas kebangsaan. Karena buku teks pelajaran sering merupakan sumber utama materi pengajran, buku teks pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan aspek-aspek budaya dan mengembangkan pemahamannya pada diri siswa. Penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam makalah ini berupaya untuk menggambarkan sejauh mana dan bagaimana para penulis buku teks pelajaran bahasa Inggris yang banyak digunakan di SMP, terutama di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memasukkan aspek-aspek multikultur di dalam buku yang ditulisnya. Makalah ini juga mengusulkan aspek-aspek multikultur yang seimbang yang seharusnya diintegrasikan dalam buku teks dan bagaimana cara pengintegrasiannya agar budaya lokal dapat dipertahankan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011
Uncontrolled Keywords: cultural aspects, EFL textbooks, cultural integration
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Sep 2015 06:28
Last Modified: 03 Oct 2019 03:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26413

Actions (login required)

View Item View Item