Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Berbasis Multikultur sebagai Upaya Pemertahanan Budaya Lokal

Sugirin, Ph.D. and Siti, Sudartini, M.A. and Suciati, Suciati and Lusi, Nurhayati, M.Appl.Ling (2011) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris SMP Berbasis Multikultur sebagai Upaya Pemertahanan Budaya Lokal. Artikel Penelitian Unggulan UNY.

[img] Text
Artikel Insersi Budaya +Tambahan.doc

Download (150kB)

Abstract

Tugas guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing lekat dengan masalah tuntutan untuk memperkanalkan budaya bahasa sasaran yang, sampai pada tingkat tertentu, dapat merecoki atau bahkan menghalangi pengembangan penguasaan budaya lokal, nilai-nilai lokal, atau bahkan identitas kebangsaan. Karena buku teks pelajaran sering merupakan sumber utama materi pengajran, buku teks pelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dapat menjadi sarana yang efektif untuk memperkenalkan aspek-aspek budaya dan mengembangkan pemahamannya pada diri siswa. Penelitian yang hasilnya dilaporkan dalam makalah ini berupaya untuk menggambarkan sejauh mana dan bagaimana para penulis buku teks pelajaran bahasa Inggris yang banyak digunakan di SMP, terutama di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, telah memasukkan aspek-aspek multikultur di dalam buku yang ditulisnya. Makalah ini juga mengusulkan aspek-aspek multikultur yang seimbang yang seharusnya diintegrasikan dalam buku teks dan bagaimana cara pengintegrasiannya agar budaya lokal dapat dipertahankan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Unggulan UNY 2011
Uncontrolled Keywords: cultural aspects, EFL textbooks, cultural integration
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 21 Sep 2015 06:26
Last Modified: 21 Sep 2015 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26412

Actions (login required)

View Item View Item