PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KINCIR ANGIN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK MA’ARIF SALAM

Arif Budi, Rahmawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KINCIR ANGIN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ARIF BUDI RAHMAWAN_09502241036.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KINCIR ANGIN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK MA’ARIF SALAM Oleh: Arif Budi Rahmawan NIM 09502241036 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran kincir angin, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kincir angin pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK MA’ARIF Salam. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan model ADDIE. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI Audio Video SMK MA’ARIF Salam sebanyak 64 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara dan angket. Adapun validasi media pembelajaran ini melibatkan 3 ahli materi serta 3 ahli media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media pembelajaran ini terdiri dari 2 bagian yaitu kincir angin utama dan kincir angin dari barang bekas layak pakai. Pada hasil analisis, uji kelayakan media diperoleh persentase sebesar 79,0% dari ahli materi, 86,2% dari ahli media, 80,6% dari hasil uji coba terhadap siswa kelas XI AV A dan 86,7% dari Siswa Kelas XI AV B. Dari ketiga kategori perolehan tersebut, media pembelajaran ini masuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK MA’ARIF Salam. Kata Kunci: media pembelajaran dan kincir angin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2015 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26330

Actions (login required)

View Item View Item