MODIFIKASI STRUKTUR VANILIN HASIL ISOLASI DARI BUAH VANILI (Vanilla planifolia Andrews) DAN PENGEMBANGAN POTENSINYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER

Sri, Handayani and Retno Arianingrum, M.Si. and Winarto, Winarto (2011) MODIFIKASI STRUKTUR VANILIN HASIL ISOLASI DARI BUAH VANILI (Vanilla planifolia Andrews) DAN PENGEMBANGAN POTENSINYA SEBAGAI ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER. Artikel Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional.

[img] Text
Artikel.doc

Download (52kB)

Abstract

Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa turunan benzalaseton benzalasetofenon terbukti aktif sebagai antioksidan sehingga diharapkan memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai senyawa kandidat antikanker. Turunan ini dapat disintesis dari vanilin yang termasuk sebagai salah satu turunan benzaldehida. Vanilin banyak terdapat dalam buah vanili yang melimpah di Indonesia tapi belum banyak diolah lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah modifikasi struktur vanilin hasil isolasi dari buah vanili pada penelitian tahun pertama menjadi vanilinasetofenon dan divanilinaseton serta uji aktivitasnya sebagai antioksidan dan efek sitotoksiknya terhadap sel hela. Modifikasi struktur dilakukan melalui reaksi kondensasi aldol silang antara aseton dan vanillin dengan perbandingan mol 1:2 untuk sintesis divanilinaseton serta asetofenon dan vanillin 1:1 untuk sintesis vanilinasetofenon. Karakterisasi dilakukan menggunakan FTIR, TLC dan MS. Ujiaktivitas antioksidan dilakukan secara in vitro dengan metode penghambatan degradasi 2- deoksiribosa. Uji efek sitotoksik dilakukan menggunakan metode MTT. Hasil modifikasi struktur menunjukkan bahwa divanilinaseton berhasil disintesis melalui reaksi kondensasi aldol. Hasil analisis terhadap hasil sintesis vanilinasetofenon belum memberikan hasil sesuai target, tetapi kembali ke bahan awal yaitu vanillin. Uji aktivitas antioksidan hasil sintesis menunjukkan bahwa divanililaseton aktif sebagai antioksidan sedangkan vanililaseton tidak aktif. Uji efek sitotoksik terhadap sel HeLa menunjukkan kedua senyawa hasil modifikasi yaitu vanililaseton dan divanililaseton sangat aktif.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Sep 2015 02:35
Last Modified: 16 Sep 2015 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item