KAJIAN POSKOLONIAL TERHADAP BUKU AJAR KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN DI UNIVERSITAS DI INDONESIA

Iman Santoso, M.Pd, Iman and Nurhadi, - and Dian, Swandayani and Ari, Nurhayati, S.S., M.Hum. (2011) KAJIAN POSKOLONIAL TERHADAP BUKU AJAR KETERAMPILAN BAHASA INGGRIS YANG DIGUNAKAN DI UNIVERSITAS DI INDONESIA. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
LAP_STRATNAS 2011_IMAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bentuk-bentuk poskolonial yang ada pada buku ajar keterampilan Bahasa Inggris yang digunakan di universitas di Indonesia. Objek dari penelitian ini adalah buku-buku ajar keterampilan Bahasa Inggris tersebut. Terdapat empat universitas yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Negeri Surabaya. Analisis data dilakukan dengan menerapkan analisis konten, metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara sembilan bentuk poskolonial yang dikaji dalam penelititan ini, yaitu superioritas Barat, subordinasi Timur, praktik penjajahan, mimikri, hibriditas, diaspora, politik tubuh, nasionalisme, serta abrogasi dan apropriasi, tujuh bentuk poskolonial ditemukan dalam tulisan ini.

Item Type: Experiment/Research
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011
Uncontrolled Keywords: poskolonial, buku-buku ajar keterampilan Bahasa Inggris
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 16 Sep 2015 02:23
Last Modified: 16 Sep 2015 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26260

Actions (login required)

View Item View Item