MOBILE INTERNET BERBASIS TELEPON SELULER MULTIKONEKSI UNTUK MENDUKUNG DELIVERY E-LEARNING DAN ICT LITERACY MASYARAKAT PEDESAAN

Herman Dwi Surjono, Ph.D. and Eko, Marpanaji and Suprapto, Suprapto (2011) MOBILE INTERNET BERBASIS TELEPON SELULER MULTIKONEKSI UNTUK MENDUKUNG DELIVERY E-LEARNING DAN ICT LITERACY MASYARAKAT PEDESAAN. Artikel Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional.

[img] Text
Draft Artikel_Stranas_Herman_dkk_2011.doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji teknologi alternatif dalam mengembangkan sistem layanan akses Internet bergerak untuk daerah pedesaan. Sistem yang diteliti adalah Mobile Internet Berbasis Telepon Seluler Multikoneksi (MIBTSM) menggunakan modem GSM/CDMA, dengan mengimplementasikan penyeimbangan beban (load balancing) sehingga menghasilkan Quality of Service (QoS) khususnya laju bit yang cukup tinggi. Permasalahan yang dihadapi adalah teknologi akses Internet apa saja yang telah tersedia di daerah pedesaan, bagaimana cara melakukan penyeimbangan beban, dan bagaimana unjuk kerja sistem yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebagian besar daerah pedesaan di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah tersedia layanan koneksi Internet menggunakan telepon seluler baik untuk jenis GSM ataupun CDMA. Selain itu, prototipe MIBTSM yang dihasilkan dalam penelitian ini dapat diujudkan menggunakan perangkat lunak opensource Zeroshell dengan melakukan eksperimen konfigurasi dan implementasi penyeimbangan beban roundrobin atau failover. Pengujian unjuk kerja terhadap prototipe ini menunjukkan bahwa koneksi Internet menggunakan 2 buah modem telepon seluler GSM (masing-masing memiliki kapasitas melakukan unduhan sebesar 500 Kbps s.d. 700 Kbps) dapat menghasilkan laju bit koneksi Internet saat melakukan unduhan sebesar 1 Mbps s.d. 1,5 Mbps. Prototipe MIBTSM yang dihasilkan dalam penelitian masih dalam bentuk skala laboratorium dan perlu diuji unjuk kerja sistem tersebut di lapangan.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011
Uncontrolled Keywords: mobile internet, modem GSM/CDMA, e-learning, ICT, penyeimbangan beban (load balancing)
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Sep 2015 06:52
Last Modified: 15 Sep 2015 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26249

Actions (login required)

View Item View Item