Pengembangan Model Ujian Akhir Daerah untuk Memantau Kualitas Pendidikan di Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi

Heri Retnawati, Dr. and Samsul, Hadi and Edi, Prajitno (2011) Pengembangan Model Ujian Akhir Daerah untuk Memantau Kualitas Pendidikan di Era Otonomi Daerah dan Desentralisasi. Artikel Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional.

[img] Text
11Artikel_Stranas_HeriRetnoUNY2011.docx

Download (90kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni (1) mengembangan model ujian akhir daerah untuk menentukan kualitas hasil belajar antar sekolah/wilayah berbasis equating, (3) Melaksanakan ujicoba model dengn butir bersama, monitoring dan evaluasi, dan revisi, sehingga memperoleh model final ujian akhir daerah untuk memetakan kualitas keberhasilan pendidikan di era otonomi daerah dan desentralisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Tahap penelitin yaitu tahap pengembangan model berbasis equaating, ujicoba, monitoring dan evaluasi, dan revisi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipasi, dokumentasi dan wawancara mendalam (indept interview). Analisis data dilakukan secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada tahun I yakni (1) telah disusun model hipotetik berbasis butir bersama (equating), (3) telah dilakukan uji model ujian dengan menggunakan model dengan butir besama (equating), dan melakukan revisi terkait dengan dasar pembuatan kisi-kisi ujian dan pendekatan teori yang digunakan pada penskoran sehingga memeroleh model akhir.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011
Uncontrolled Keywords: model ujian akhir, model dengan butir bersama (equating)
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Sep 2015 06:24
Last Modified: 15 Sep 2015 06:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26245

Actions (login required)

View Item View Item