STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN BAHASA INDONESIA SMA

Bambang, Subali and Pujiati Suyata, Prof. Dr. (2011) STANDARDISASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DAN BAHASA INDONESIA SMA. Artikel Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional.

[img] Text
artikel Hibah Stranas bambang subali-pujiyati UNY -2011.doc

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan panduan yang digunakan sebagai acuan standardisasi penilaian hasil belajar pola konvergen dan divergen dengan menggunakan penskalan berdasarkan teori respons item pada mata pelajaran Biologi dan Bahasa Indonesia di SMA. Hasil yang dicapai sampai tahun kedua adalah telah tersusunnya panduan standardisasi penilaian yang terdiri dari (a) learning continuum hasil belajar Biologi dan Bahasa Indonesia SMA yang telah ditelaah pakar terkait, (b) Panduan Penyusunan Item Tes Pola Konvergen dan Divergen, dan (3) Panduan Analisis Data Pengukuran Pendidikan untuk Memperoleh Bukti Empirik Kesahihan Menggunakan Program Quest dengan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Ketiganya sudah divalidasi melalui kegiatan diseminasi di tiga provinsi (DIY, Kalbar, dan NTB). Oleh karena itu, ketiga perangkat tersebut sudah dapat dijadikan pegangan bagi guru di lapangan untuk menyusun item tes dan melakukan analisis item serta menginterpretasi hasil analisis dari hasil ulangan harian/semester di sekolahnya.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Penelitian Hibah Kompetitif Penelitian Strategis Nasional 2011
Uncontrolled Keywords: Standardisasi penilaian, learning continuum hasil belajar, CTT dan IRT
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 15 Sep 2015 05:40
Last Modified: 15 Sep 2015 05:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26239

Actions (login required)

View Item View Item