Strategi Kesantunan dari Ujaran Direktif yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad dalam Proses Belajar Mengajar

Widodo, Slamet (2015) Strategi Kesantunan dari Ujaran Direktif yang Digunakan oleh Guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad dalam Proses Belajar Mengajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-widodo-13706259009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk-bentuk kalimat, (2) maksud-maksud, dan (3) tipe-tipe strategi kesantunan dari ujaran-ujaran direktif yang digunakan oleh para guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad di dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang diadakan di MTs Al-Irsyad Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Subjek penelitian adalah tiga orang guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad Tengaran. Data penelitian berupa ujaran-ujaran direktif. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi, catat, rekam dan transkripsi. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, peneliti menggunakan teori bentuk-bentuk kalimat yang dikembangkan oleh Kreidler (1998), teori ujaran direktif yang dikembangkan oleh Austin (1962), dan teori kesantunan yang dikembangkan oleh Brown dan Levinson (1987). Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad Tengaran menggunakan ujaran-ujaran direktif dengan maksud (1) menyuruh; (2) meminta; (3) menyarankan; (4) mengajak dan (5) memperingatkan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa para guru Bahasa Inggris MTs Al-Irsyad Tengaran menggunakan ujaran-ujaran direktif dengan tipe kesantunan: (1) apa adanya atau langsung; (2) kesantunan negatif; (3) kesantunan positif dan (4) tidak langsung. Sedangkan bentuk-bentuk kalimat yang digunakan oleh para guru Bahasa Inggris MTs Al- Irsyad Tengaran dalam ujaran-ujaran direktif adalah: (1) kalimat perintah; (2) kalimat tanya dan (3) kalimat deklaratif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: politeness strategies, pragmatics, speech acts, language forms, directive utterances, teaching learning processes
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 Sep 2015 09:05
Last Modified: 14 Nov 2022 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26235

Actions (login required)

View Item View Item