Nur, Dahniar (2015) Pengaruh Penguasaan Kosakata, Penguasaan Tata Bahasa, dan Motivasi tehadap Pemahaman Membaca Kelas Dua Siswa SMA Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-nur-dahniar-13706251057.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama untuk mengetahui seberapa besar pengaruh secara bersama-sama penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, dan motivasi terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA Negeri Kota Yogyakarta 2014/2015. Tujuan kedua untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tiap variabel terhadap pemahaman membaca siswa kelas dua SMA Negeri Kota Yogyakarta 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang terdiri atas tiga variabel bebas. Penguasan kosakata merupakan variabel bebas pertama (X¬¬1), penguasaan tata bahasa merupakan variabel bebas kedua (X2), motivasi membaca merupakan variabel bebas ketiga (X3), dan satu variabel terikat yaitu pemahaman membaca merupakan variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kota Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas dua SMA Negeri Kota Yogyakarta yang berjumlah 2702 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 339 siswa, dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil uji Regresi Ganda menunjukkan bahwa penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, dan motivasi membaca secara bersama-sama berpengaruh terhadap pemahaman membaca (F = 2.682 p ≤ 0.05). Sebanyak 22% pemahaman membaca ditentukan oleh penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, dan motivasi membaca. Hasil Korelasi Parsial menunjukkan bahwa penguasaan kosakata berpengaruh 12.5% terhadap pemahaman membaca (r = 0.125 sig. dengan p ≤ 0.05) dengan nilai Beta sebesar 0.125. penguasaan tata bahasa berpengaruh 7.1 % terhadap pemahaman membaca (r = 0.071. Sig. dengan p ≤ 0.05) dengan nilai Beta sebesar 0.070. Dan motivasi membaca berpengaruh 2% terhadap pemahaman membaca (r = 0.20. Sig. dengan p ≤ 0.05) dengan nilai Beta sebesar 0.020.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading comprehension, vocabulary mastery, grammar mastery, and motivation |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 03:34 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 03:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26234 |
Actions (login required)
View Item |